Selasa, 03 Desember 2013

SDIT LUQMAN AL HAKIM



BUKU PANDUAN AKADEMIK
SDIT LUQMAN AL HAKIM SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
بسم الله الرحمن الرحيم
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi Robbil’alamiin, segala puji hanya bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sholawat dan salam semoga tercurah bagi Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam, semoga kita senantiasa  menjadi umatnya yang istiqomah dalam ke-Islaman sampai akhir zaman.
Konsep Sekolah Integral/Terpadu memiliki konsekuensi adanya kesamaan dan keterpaduan antara pelaksanaan program-program sekolah dengan pengertian dan program dari orang tua atau wali siswa. Dalam mewujudkan keterpaduan ini salah satu prasyaratnya adalah cara pandang/paradigma yang perlu dibangun bersama dengan bentuk komunikasi-komunikasi efektif antar pengurus sekolah, guru dan orang tua atau wali murid sebagai subyek utama dalam pendidikan, tanpa mengesampingkan pihak-pihak terkait bahkan juga anak-anak didik kita.
SDIT Luqman al Hakim Surakarta menyadari peran strategis orang tua sebagai pendidik utama dan pertama di rumah. Maka perlu adanya informasi yang cukup sebagai bahan pengetahuan dan catatan bagi pertimbangan dan langkah-langkah yang perlu orang tua tempuh dalam mengawal tahap-tahap perkembangan pendidikan anak.
Bagi dewan guru Buku Panduan ini sebagai  penyatu paradigma dan langkah menuju tujuan utama dan menguatkan nilai-nilai inti (core value) pendidikan. Dengan harapan misi gerakan dakwah melalui pendidikan ini, semakin kuat sehingga melahirkan sosok-sosok guru yang memiliki integritas dan ikhlas sebagai seorang guru.
PENYUSUN
//ts 2013/2014
 
Semoga usaha sederhana ini sebagai langkah awal yang terus akan diikuti langkah-langkah berikutnya dalam upaya mewujudkan visi dan misi kelembagaan secara khusus  “ Mewujudkan Pendidikan Islam Integral Berbasis Tauhid “ dan secara umum yaitu “ Membangun Peradaban Islam “. Semoga bermanfaat.
alhamdulillahi Robb al’alamiin



DAFTAR ISI



















        I.            PROFIL SEKOLAH

a.       Identitas Kelembagaan
Identitas Penyelenggara          : Yayasan Al Kahfi Hidayatullah Surakarta
SK Menkum dan HAM RI      : Nomor : AHU-2657.AH.01.02. Tahun 2008
Alamat                                        : Jln Lingkar Utara KM.05 Mojosongo Jebres       Surakarta
Nama  Satuan Pendidikan       : SDIT Luqman al Hakim Surakarta
Alamat                                        : Jln Lingkar Utara KM.05 Mojosongo Jebres       Surakarta
Nomor Telpon/Fax                 : 0271 7007760
Alamat E-mail                         : sditluqmanalhakim@gmail.co.id
Nomor Statistik Sekolah         : 002036104080

b.      Visi dan Misi
Visi           :
Mewujudkan Sekolah Dasar Islam Terpadu sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang bermutu tinggi dan unggul, serta melahirkan sumberdaya manusia yang siap memikul amanah Allah SWT, sebagai hambanya dan sebagai Kholifah fil ardhi.
Misi          :
Menyelenggarakan Pendidkan Islam secara terpadu dalam Aspek ruhiyah ,aqliyah dan jismiyah sehingga dapat menghantarkan generasi umat islam :
a.     Beriman , berilmu dan beramal sholeh.
b.    Menjadikan seluruh hidupnya bertujuan ibadah kepada Allah SWT.\
c.     Mampu membangun masadepannya dengan keahlian dan ketrampilan yang mumpuni




     II.            KURIKULUM SDIT LUQMAN AL HAKIM
a.       Tujuan Pendidikan
Mencetak kader Islam yang beriman, cerdas dan berakhlaq alkariimah
b.      Target Lulusan di diskripsikan dalam :
9        (Sembilan) kopetensi Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)Luqman Al Hakim
1.    Meguasai dasar-dasar ilmu aqidah
2.    Memiliki kemampuan hafalan:
a.         Hafal Al quran minimal 2 juz
b.        Hafal matan Hadits minimal 40 Hadits
3.    Mampu melaksanakan kewajiban-kewajiban Agama dengan benar,antara lain :
a.       Sholat 5 waktu
b.      Shaum Ramadhan
c.       Menutup aurat
4.    Mempunyai akhalaq yang mulia, antara lain:
a.       Berbakti kepada kedua orang tua
b.      Hormat kepada ustadz dan ustadzah
c.       Hormat kepada yang lebih tua
d.      Menyayangi yang lebih muda
e.       Mencintai lingkungan
f.       Mencintai ilmu
g.       Disiplin waktu
5.                  Mampu membaca dan menulis huruf Al Qura'n
6.                  Mampu berbicara dengan bahasa Arab, Jawa dan Inggris dalam situasi tertentu
7.    Mampu membaca dan memahami teks berbahasa Arab dan Inggris (dalam keilmuan tertentu)
8.    Mampu berpidato dalam bahasa Indonesia, Arab, jawa, dan Inggris
9.    Mempunyai kemampuan yang baik dalam bidang studi (matematika, sains, IPS dll) sehingga siap berkompetisi untuk memasuki sekolah yang bermutu di jenjang selanjutnya.



c.                 Strukrur Kurikulum
 STRUKTUR KURIKULUM SDIT LUQMAN AL HAKIM SURAKARTA
TAHUN AJARAN 2013/2014
A. STRUKTUR MATERI KURIKULUM DIKNAS
MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU
I*)
II*
III*
IV*)
V*
VI*
KURIKULUM DIKNAS






1
Pendidikan Agama Islam
4
4
4
4
4
4
2
PPKN
2
2
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
7
5
6
6
6
4
4
Matematika
4
4
4
6
6
6
5
IPA

2
2
4
4
6
6
IPS

2
2
2
2
2
7
 Seni Budaya dan Prakarya
1
1
1
1
1
1
8
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
 9
MULOK







a. TIK

 2
2
-
2
2

b.  Bahasa Jawa
 1
 1
1
1
1
1

c.   Bahasa Inggris
1
 1
2
2
2
2
KURIKULUM HIDAYATULLAH






1
Al Qur'an







a. Qiroah
4
4
4
2



b. Tahfidz
2
2
4
4
4
4

c. Tarjamah




2
2
2
Tuntunan Ibadah Praktis
2
2
2
2


3
Bahasa Arab
2
2
2
2
2
2
4
Hadits
2
2
2
2
2
2
JUMLAH JAM PER-MINGGU
34
36
42
42
42
42
*)Ket. Kelas I dan IV kurikulum diknas 2013, * Kelas II, III,V dan VI Kurikulum KTSP
Seluruh mapel dalam struktur kurikulum terintegrasikan atau tidak boleh bertentangan dengan kurikulum integral bebasis tauhid pesantren hidayatullah.

* )Diskripsi Jadwal Belajar Reguler/Harian



 
























*) Keterangan :
1.      Siswa Kelas I Jam ke-8 dan Ke-9 digunakan untuk Istirahat/Tidur Siang
2.      Pada setiap hari Jum’at Siswa Kelas I-VI pulang jam 13.35 WIB atau pembelajaran sampai jam ke-6 para guru melaksanakan kegiatan KKG dan Supervisi.


d.                Materi Pengembangan
Ektrakurikuler

NO

MATERI PENGEMBANGAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR PER-MINGGU
I
II
III
IV
V
VI
1
* Kepanduan Hidayatullah
-
-
-
2
2
2
2
**Qiroatul Qur’an/& Tahsin
2
2
2



3
*)Bela Diri


2
2
2
2
4
*)Jurnalistik/Menulis
2
2
2
2
2
2
5
Dai Cilik
2
2
2
2
2
2
6
Mapel Umum
-
-
-
-
-
6
Keterangan :
*Kepanduan Hidayatullah Wajib diikuti Siswa-Siswi Kelas IV, V dan VI
**Qiroatul Qur’an/Tahsin Wajib diikuti kelas I, II dan III
*) Bela Diri dan Jurnalistik/Menulis adalah materi Pilihan dan bisa diikuti mulai dari kelas I-VI
 
*) Jadwal Alokasi Kegiatan Materi Pengembangan atau Ekstrakurikuler
JAM
HARI SABTU
Kelas I-III
Kelas IV-VI
08.00-09.30 WIB
Jam ke- 1-2
Qiroatul Qur’an/Tahsin
Kepanduan Hidayatullah
09.30-09.45 WIB
ISTIRAHAT
-
-
09.45-11.15 WIB
Jam Ke 2
Pilihan
Pilihan
11.15 WIB
PULANG
-
-
e.                 Kaldik  Tahun Ajaran 2013/2014
NO
TANGGAL, BULAN DAN TAHUN
URAIAN KEGIATAN
1
15-17 Juli 2013
Hari-hari pertama masuk sekolah
2
Tanggal 1 s.d 7Agustus 2013
Libur sebelum Idul Fitri 1434 H
3
Tanggal 8,9 Agustus 2013
Libur Idul Fitri 1434 H
4
Tanggal 10-16 Agustus 2013
Libur Setelah idul Fitri
5
Tanggal 17 Agustus 2013
Hari Kemerdekaan RI
6
Tanggal 30 September-11 Oktober 2013
Ulangan Tengah Semester I
7
Tanggal 14-15 Oktober 2013
Libur Idul Adha 1434 H
8
Tanggal 16-17 Oktober 2013
Kegiatan Jeda Semester I
9
Tanggal 5 November 2013
Libur Tahun Baru Hijriyyah
10
Tanggal 2-13 Desember 2013
Ulangan  Akhir Semester I
11
Tanggal 16-17 Desember 2013
Remidi
12
Tanggal 21 Desember 2013
Pengambilan Raport Semester I
13
Tanggal 23 Desember2013-4 Januari 2014
Libur Semester I
14
Tanggal 14 januari 2014
Libur Maulid Nabi Muhammad SAW
15
Tanggal 10-21 Maret 2014
Ulangan Tengah Semester II
16
Tanggal 7-12 April 2014
Ujian Sekolah
17
Tanggal 5-7 Mei 2014
Perkiraan Ujian Akhir
18
Tanggal 12-14 Mei 2014
Ujian Akhir Susulan
19
Tanggal 27 Mei 2014
Isro’ Mikroj Nabi Muhammad SAW
20
Tanggal 2-4 Juni 2014
Tes Kemampuan Dasar Kelas III
21
Tanggal 5-14 Juni 2014
Ulangan Kenaikan Kelas Semester II
22
Tanggal 18-19 Juni 2014
Rihlah Akhir Tahun
23
Tanggal  21Juni 2014
Akhirussanah
24
Tanggal  21 Juni-13 Juli 2014
Libur Semester II
25
Tanggal 14 Juli 2014
Awal Tahun Pelajaran 2014/2015
f.        KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah tingkat pencapaian standar
kompetensi dari kompetensi dasar mata pelajaran
MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU
I
II
III
IV
V
VI
KURIKULUM DIKNAS






1
Pendidikan Agama Islam
75
75
75
75
75
75
2
PPKN
70
70
70
70
70
70
3
Bahasa Indonesia
70
70
70
70
70
70
4
Matematika
70
70
70
70
70
70
5
IPA

70
70
70
70
70
6
IPS

70
70
70
70
70
7
 Seni Budaya dan Prakarya
70
70
70
70
70
70
8
MULOK







b. Bahasa Jawa
68
68
68
68
68
68

c. TIK

70
70
70
70
70

c. Bahasa Inggris
70
70
70
70
70
70
9
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
70
70
70
70
70
70
KURIKULUM HIDAYATULLAH






1
Al Qur'an
78
78
78
80
80
80

a. Qiroah







b. Tahfidz







c. Tarjamah






2
Tuntunan Ibadah Praktis
75
75
75
75
-
-
3
Bahasa Arab
70
70
70
70
70
70
4
Hadits
80
80
80
80
80
80




g.                Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran sebagai bagian dari komponen kurikulum berfungsi untuk menjabarkan proses penyampaian pesan/materi/isi pembelajaran oleh guru sebagai pendidik kepada murid sebagai peserta didik, yang berisikan metode-metode dan pendekatan pembelajaran.
1.      Metode-metode pembelajaran
§  metode iqro’
§  metode hiwar/percakapan
§  metode ‘ibroh dan mau’idhoh
§  metode keteladanan
§  metode pembiasaan
§  metode siroh/ kisah qur’ani nabawi
§  metode Amtsal/perumpamaan
2.      Pendekatan-pendekatan
§  pendekatan pengalaman/praktis
§  pendekatan psikologis baik persuasive dan motivative
§  pendekatan pembiasaan
§  pendekatan rasional
§  pendekatan emosi
§  pendekatan fungsional

h.                Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar
Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
Penilaian hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai pada setiap jenjang
Adapun  Jenis-jenis Penilaian tersebut antara lain  :
  1. Ulangan Harian /Tes Formatif adalah kegiatan Evaluasi yang dilakukan secara periodic mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD)atau lebih
  2. Ulangan Tengah Semester/TesSub Sumatif adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
  3. Ulangan Akhir Semester/Tes Sumatif adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester gasal. Cakupan ulangan meliputi indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
  4. Ulangan Kenaikan Kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik diakhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan.
Selain Penilaian-penilaian yang pokok dalam Evaluasi Belajar  tersebut di atas, penilaian proses dan penilaian praktik dan lisan di terapkan dalam mendukung tes kompetensi yang dimiliki peserta didik, sebagai bahan analisis dan pengembangan kurikulum dan pengeloalaan belahjar peserta didik.
  1. Penilaian Tugas/proyek
  2. Penilaian Portofolio
  3. Penilaian Praktik
  4. Penilaian Lisan/Hafalan

   III.            PENERAPAN PENDIDIKAN DINIYYAH
a.       Aspek Ibadah
1.             pelaksanaan ibadah siswa dilaksanakan secara berjamaah di masjid
2.             bacaan ibadah sholat sesuai buku panduan sholat standar sekolah
3.             waktu pelaksanaan sholat siswa putra dimulai jam 12.30
b.      Aspek Keilmuan Islam
1.             membiasakan budaya keilmuan Islam, dalam proses pembelajaran
2.             menjadikan al Qur’an dan al hadits sebagai rujukan primer
3.             meneladani metode atau manhaj ulama’ dalam memperoleh ilmu
4.             Istiqomah mengamalkan ilmu
c.       Aspek Akhlak dan Adab Guru dan Siswa
1.             adab belajar-mengajar
§  meluruskan niat, ikhlas untuk mencapai ridho Allah
§  bersungguh-sungguh
§  mencintai ilmu, murid dan guru
§  murojaah/berlatih dengan mengulang-ulang pelajaran
§  mengamalkan ilmu
§  berdo’a kepada Allah untuk dimudahkan
2.             adab ketika di masjid
§  berwudhu/dalam keadaan suci sebelum masuk masjid
§  melangkah mendahulukan kaki kanan ketika masuk masjid
§  membaca do’a
§  sholat sunah tahiyatul masjid/2 rokaat sebelum duduk
§  duduk dalam kondisi tenang, berdzikir menghadap kiblat
§  mengikuti sholat berjamaah secara khusuk
§  dzikir dan do’a setelah sholat
§  keluar masjid dengan tertib

3.             adab makan dan minum
§  membaca “Bismillah”sebelum makan dan minum
§  makan/minum dengan tangan kanan
§  makan/minum tidak sambil berdiri, berjalan dan berbicara
§  tidak mencela makanan/minuman
§  membaca “bismillahi awwaluhu wa akhiruhu” ketika lupa membaca “bismillah”
§  tidak berlebihan dalam makan dan minum
§  tidak menyisakan makanan atau minuman
§  membaca hamdalah setelah selesai makan
4.             adab terhadap tamu
§  menyambut dengan mengucapkan salam, senyum dan sapaan yang baik
§  menawarkan bantuan
§  mengantarkan sampai tamu duduk/mempersilahkan tamu duduk dan menyampaikan tujuannya
§  memberikan pelayanan terbaik
§  memberikan kenyamanan
§  mengantar/melepaskan sampai tamu, sampai meninggalkan sekolah
5.             adab berteman
§  saling menjaga hak-hak
§  saling menutupi kekurangan
§  saling mendo’akan kebaikan
§  saling memberi hadiah
§  saling nasehat-menasehati
§  bertemu dan berpisah karena Allah
d.      Agenda Kegiatan PPD
1.        Penyaluran Daging Qurban
2.        Gerakan Infaq Guru dan Murid
3.        Forum Silaturahim Asaatidz
4.        Gerakan cinta Qur’an
  IV.            KESISWAAN
a.         Profile Peserta Didik SDIT Luqman al Hakim
b.         Tata Tertib Sekolah
1.    Peserta didik datang ke sekolah sebelum bel masuk pukul 7.10
2.    Semua peserta didik wajib mengenakan seragam sekolah lengkap sesusai jadwal yaitu :
a.    Senin dan Kamis     : Merah Putih
b.   Selasa dan Jum’at    : Coklat
c.    Rabu                        : Biru
3.    Sebelum masuk kelas semua peserta didik wajib mengikuti apel pagi di halaman sekolah
4.    Sebelum pelajaran di mulai semua peserta didik wajib menghafal surat pendek, doa-doa Sholat dan hadist
5.    Waktu istirahat semua peserta didik  berada di halaman sekolah, jika keluar sekolah harus meminta ijin kepada ustadz / ustadzah.
6.    Jika azan dzuhur  berkumandang, semua peserta didik untuk bersiap-siap dan bergilir menjalankan sholat dzuhur berjama’ah sesuai jadwal yang berlaku.
7.    Setiap hari Jum’at di adakan pemeriksaan kukudan rambut bagi laki-laki.
8.    Jika bel pulang berbunyi semua peserta didik bersiap-siap untuk pulang, berdoa’a dengan tertib dan teratur.
9.    Sebelum meninggalkan kelas regu piket terlebih dahulumembersihkan kelasnya masing-masing.
10.                        Jika menemukan barang / uang serta ada perkelahian antar peserta didik yang mengetahui segera melaporkan kepada wali kelas atau guru kelas.
11.                        Semua peserta didik dilarang  membawa HP (hand phone) di sekolah, jika ada keperluan dapat menggunakan telephone sekolah.
c.         Jenis Pelanggaran dan Sanksi
TATA TERTIB PESERTA DIDIK SDIT LUQMAN AL HAKIM SURAKARTA
A.  TATA TERTIB UMUM
1.      Peserta didik diwajibkan memenuhi syari’at Islam
2.      Peserta didik diwajibkan mematuhi semua peraturan sekolah
3.      Peserta didik diwajibkan mematuhi dan menghormati  kepala sekolah, guru maupun karyawan sekolah.
4.      Peserta didik diwajibkan menghargai sesama peserta didik.
5.      Peserta didik diwajibkan menjaga ketertiban dan kebersihan di dalam lingkungan sekolah.
6.      Peserta didik diwajibkan menjaga semua fasilitas sekolah dan lingkungan sekitar sekolah.
7.      Peserta didik diwajibkan menjaga tutur kata dan tingkah laku yang baik di dalam maupun di luar sekolah.
8.      Peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan khusus yang telah ditentukan pihak sekolah.
9.      Peserta didik dilarang tidak mengikuti ataupun meninggalkan KBM kecuali tugas dari guru atau sakit, dan olehnya diwajibkan melakukan perijinan pada hari itu juga. (boleh SMS ataupun surat ijin)
B.   TATA TERTIB KEISLAMAN
1.      Peserta didik diwajibkan mematuhi dan menegakkan Syari’at Islam
2.      Peserta didik diwajibkan mengikuti sholat dzuhur dan sholat ashar berjama’ah di masjid sekolah
3.      Peserta didik diwajibkan menggunakan pakaian yang menutupi aurat
4.      Peserta didik dilarang melanggar Syari’at Islam.
5.      Peserta didik dilarang berpenampilan yang tidak Islami (rambut, busana dan aksesoris).
C.   TATA TERTIB BUSANA
1.      Semua peserta didik wajib mengenakan seragam sekolah lengkap sesusai jadwal yaitu :
a.    Senin dan Kamis     : Merah Putih
b.    Selasa dan Jum’at    : Coklat
c.    Rabu                       : Biru
Peserta didik diwajibkan berpakaian rapi.
2.      Peserta didik Putra diwajibkan tidak berambut gondrong, rapid an tidak diwarnai.
3.      Peserta didik diwajibkan mengenakan kaos kaki panjang di atas mata kaki.
4.      Peserta didik diwajibkan menggunakan sepatu saat datang ataupun pulang sekolah.
D.  TATA TERTIB KELAS
1.      Peserta didik diwajibkan mengikuti KBM sekolah dengan tertib dari hari Senin hingga hari Jum’at sesuai jadwal yang telah ditentukan pihak sekolah, masuk jam 07.15 – 13.30
2.      Peserta didik diwajibkan menjaga ketertiban KBM dengan memulai dan mengakhirinya dengan membaca do’a yang dipimpin oleh ketua kelas.
3.      Peserta didik diwajibkan datang tepat waktu, dan apabila terlambat wajib lapor terlebih dahulu kepada guru piket seblum masuk kelas.
4.      Peserta didik diwajibkan mengikuti semua mata pelajaran dengan tertib.
5.      Peserta didik diwajibkan menuntaskan semua tugas dari guru mata pelajaran.
6.       Peserta didik kelas……..  diwajibkan mengikuti semua kegiatan ekstrakurikuler yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.
7.      Peserta didik dilarang meninggalkan ruang kelas selama KBM tanpa ijin guru piket, guru yang mengajar dan diketahui oleh pimpinan sekolah.
8.      Peserta didik dilarang meninggalkan atau tidak mengikuti KBM kecuali :
a.       Keperluan keluarga yang mendesak.
b.      Sakit, dengan harus menyertakan surat ijin dokter dan surat ijin yang dibuat oleh orang tua / wali yang bersangkutan pada hari itu juga, dan kepadanya wajib mengikuti dan memenuhi tugas pengganti dari guru mata pelajaran yang bersangkutan apabila diperlukan.
E.   TATA TERTIB APEL PAGI
1.      Peserta didik diwajibkan mengikuti semua apel yang telah ditentukan oleh sekolah dengan tertib.
2.      Peserta didik diwajibkan menggunakan pakaian seragam yang telah ditentukan saat mengikuti kegiatan apel.
3.      Peserta didik diwajibkan menjaga ketertiban dan ketenangan saat mengikuti apel.
4.      Petugas apel diwajibkan :
a.       Datang lebih awal untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan apel.
b.      Berpakaian rapi dan berseragam sesuai dengan ketentuan.
c.       Menjalankan tugas yang diberikan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab.
F.    TATA TERTIB ADMINISTRASI KEUANGAN
1.      Peserta didik diwajibkan melunasi semua administrasi sekolah guna berjalannya KBM sekolah dengan lancar.
2.      Peserta didik diwajibkan membayar infaq pendidikan dengan ketentuan sekolah tepat waktu.
3.      Peserta didik diwajibkan melunasi semua pembayaran sebelum dan sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian.
4.      Peserta didik di wajibkan berinfak setiap hari jum’at secara suka rela






G.  KLASIFIKASI PELANGGARAN TATA TERTIB
Klasifikasi A (Pelanggaran Ringan)
No.
JENIS PELANGGARAN
BENTUK SANKSI
1.
Tidak menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan
Di catat sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi yang ditentukan sekolah. Satu kali pelanggaran ditulis 1A, pelanggaran 10 kali klasifikasi A  (10A) menjadi Klasifikasi 1B
2.
Tidak menggunakan atribut secara lengkap
3.
Terlambat datang ke sekolah sesuai jam yang ditentukan
4.
Duduk di atas meja
5.
Membuang sampah sembarangan
Klasifikasi B (Pelanggaran Sedang)
No.
JENIS PELANGGARAN
BENTUK SANKSI
1.
Berambut panjang / gondrong
Di catat sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi yang ditentukan sekolah. Satu kali pelanggaran ditulis 1B, pelanggaran 10 kali klasifikasi B  (10B) akan menjadi  pelanggaran Klasifikasi  1C
2.
Berkuku panjang
3.
Membawa HP (Handphone)
4.
Membawa benda atau hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan KBM
5.
Membuat surat ijin palsu
6.
Meninggalkan kelas atau KBM tanpa ijin
7.
Meninggalkan kegiatan ekstrakurikuler dan apel tanpa ijin
8.
Berada di luar kelas ataupun lingkungan pada saat KBM berlangsung tanpa ijin.
9.
Makan atau minum saat pelajaran berlangsung
10.
Berbicara kotor
11.
Berbicara bohong atau fitnah
12.
Memindahkan tanpa ijin sarana dan prasarana sekolah
13.
Merusak sarana prasarana sekolah
14.
Tidak menyelesaikan tugas dari sekolah tepat waktu




Klasifikasi C (Pelanggaran Berat)
No.
JENIS PELANGGARAN
BENTUK SANKSI
1.
Mencuri
Di catat sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi yang ditentukan sekolah. Satu kali pelanggaran ditulis 1C, pelanggaran 10 kali klasifikasi C  (10C) menjadi Klasifikasi 1D
2.
Berkelahi / main hakim sendiri.
3.
Pemalsuan dan penipuan
4.
Melakukan perbuatan Syirik
5.
Meninggalkan sholat fardhu dan puasa wajib
6.
Tidak menjalankan amanah

Klasifikasi D (Pelanggaran Sangat Berat)
No.
JENIS PELANGGARAN
BENTUK SANKSI
1.
Murtad
Di catat sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi yang ditentukan sekolah. Satu kali pelanggaran ditulis 1D, pelanggaran 10 kali klasifikasi D  (10D) di keluarkan dari sekolah.
2.
Kriminalitas
3.
Pelanggaran seks
4.
Berurusan dengan pihak berwajib
5.
Melecehkan atau menghina sekolah, Yayasan, Pimpinan sekolah, Guru dan Karyawan baik berupa fisik ataupun verbal

AGENDA KEGIATAN KESIWAAN  
1.        Penerimaan Peserta didik Baru
2.        Open House
3.        Upacara Bendera
4.        MOS
5.        Training Parentin
6.        Outing Class ( kunjungan ke intansi dan rihlah akhir tahun )
7.        Pendampingan peserta didik istirahat
8.        Pendampingan makan
9.        Menyambut kedatangan peserta didik
10.    Bimbingan Konseling
11.    Home Visit
12.    Pembinaan Peserta didik Berprestasi
13.    Class Metting dan Pameran Buku
14.    Lomba Antar Peserta didik TK, Basar
15.    Akhirussanah dan Pemeran Hasil Karya Peserta didik SDIT LH
BUDAYA MALU DI SEKOLAHKU
1.        Aku malu tidak datang tepat waktu di sekolah
2.        Aku malu tidak sholat dhuha di sekolah
3.        Aku malu tidak baca Al qur’an di sekolah
4.        Aku malu tidak ramah dan sopan di sekolah
5.        Aku malu tidak hidup bersih di sekolah
6.        Aku malu tidak hidup hemat di sekolah
7.        Aku malu tidak berkata jujur di sekolah
8.        Aku malu tidak hormat pada guru di sekolah
9.        Aku malu tidak sayang teman di sekolah
10.    Aku malu tidak sholat berjamaah  duhur dan ashar di sekolah
KEDISIPLINAN YANG HARUS DI TAATI DI SEKOLAH
1.        Disiplin kehadiran dan kepulangan
2.        Disiplin belajar dan mengajar
3.        Disiplin tugas dan tanggung jawab
4.        Disiplan kebersihan dan keindahan
5.        Disiplin keuangan dan belanja
6.        Disiplin menyimpan dan mengembalikan
7.        Disiplin bersahabat dan bergaul
8.        Disiplin kepekaan dan kepedulian
9.        Disiplin berbuat dan berkarya
10.    Disiplin administrasi dan laporan
RUMUS 3M
MULAI DARI DIRI SENDIRI
MULAI DARI YANG KECIL
MULAI DARI SAAT INI
RUMUS 3S
SEMANGAT BERSAUDARA
SEMANGAT SOLUSI
SEMANGAT SUKSES
RUMUS 4S
SENYUM
SALAM
SOPAN
SAPA
RUMUS 7 T
TENANG
TERENCANA
TERAMPIL
TERTIB
TEKUN
TEGAR
TAWADHU
     V.            ADMINISTRASI
a.    Keuangan
Pembayaran siswa dilayanai setiap hari Senin-Jum’at dari Jam 07.00 – 14.45 WIB, (hari Sabtu Libur, Jam 11.45-13.00 Istirahat Siang) di BMT Amaal

b.   Daftar Siswa

c.    Dewan Asaatidz




Tidak ada komentar:

Posting Komentar