BUKU
PANDUAN AKADEMIK
SDIT
LUQMAN AL HAKIM SURAKARTA
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
بسم الله الرحمن الرحيم
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi Robbil’alamiin,
segala puji hanya bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sholawat dan salam semoga
tercurah bagi Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam, semoga kita
senantiasa menjadi umatnya yang
istiqomah dalam ke-Islaman sampai akhir zaman.
Konsep Sekolah Integral/Terpadu
memiliki konsekuensi adanya kesamaan dan keterpaduan antara pelaksanaan program-program
sekolah dengan pengertian dan program dari orang tua atau wali siswa. Dalam
mewujudkan keterpaduan ini salah satu prasyaratnya adalah cara
pandang/paradigma yang perlu dibangun bersama dengan bentuk
komunikasi-komunikasi efektif antar pengurus sekolah, guru dan orang tua atau
wali murid sebagai subyek utama dalam pendidikan, tanpa mengesampingkan
pihak-pihak terkait bahkan juga anak-anak didik kita.
SDIT Luqman al Hakim Surakarta
menyadari peran strategis orang tua sebagai pendidik utama dan pertama di
rumah. Maka perlu adanya informasi yang cukup sebagai bahan pengetahuan dan
catatan bagi pertimbangan dan langkah-langkah yang perlu orang tua tempuh dalam
mengawal tahap-tahap perkembangan pendidikan anak.
Bagi dewan guru Buku Panduan ini
sebagai penyatu paradigma dan langkah
menuju tujuan utama dan menguatkan nilai-nilai inti (core value) pendidikan.
Dengan harapan misi gerakan dakwah melalui pendidikan ini, semakin kuat
sehingga melahirkan sosok-sosok guru yang memiliki integritas dan ikhlas
sebagai seorang guru.
|
alhamdulillahi Robb al’alamiin
DAFTAR
ISI
I.
PROFIL SEKOLAH
a.
Identitas Kelembagaan
Identitas
Penyelenggara : Yayasan Al Kahfi
Hidayatullah Surakarta
SK
Menkum dan HAM RI : Nomor :
AHU-2657.AH.01.02. Tahun 2008
Alamat : Jln Lingkar Utara
KM.05 Mojosongo Jebres Surakarta
Nama Satuan Pendidikan : SDIT Luqman al Hakim Surakarta
Alamat : Jln Lingkar Utara
KM.05 Mojosongo Jebres Surakarta
Nomor
Telpon/Fax : 0271 7007760
Alamat
E-mail : sditluqmanalhakim@gmail.co.id
Nomor
Statistik Sekolah : 002036104080
b.
Visi dan Misi
Visi :
Mewujudkan Sekolah
Dasar Islam Terpadu sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang bermutu tinggi dan
unggul, serta melahirkan sumberdaya manusia yang siap memikul amanah Allah SWT,
sebagai hambanya dan sebagai Kholifah fil ardhi.
Misi :
Menyelenggarakan
Pendidkan Islam secara terpadu dalam Aspek ruhiyah ,aqliyah dan jismiyah
sehingga dapat menghantarkan generasi umat islam :
a.
Beriman , berilmu dan beramal sholeh.
b.
Menjadikan seluruh hidupnya bertujuan ibadah kepada
Allah SWT.\
c.
Mampu membangun masadepannya dengan keahlian dan
ketrampilan yang mumpuni
II.
KURIKULUM SDIT LUQMAN AL HAKIM
a.
Tujuan Pendidikan
Mencetak kader Islam
yang beriman, cerdas dan berakhlaq alkariimah
b.
Target Lulusan di diskripsikan dalam :
9
(Sembilan) kopetensi
Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)Luqman Al Hakim
1.
Meguasai dasar-dasar ilmu aqidah
2. Memiliki kemampuan hafalan:
a.
Hafal Al quran minimal 2 juz
b.
Hafal matan Hadits minimal 40 Hadits
3.
Mampu melaksanakan kewajiban-kewajiban Agama dengan benar,antara lain :
a. Sholat
5 waktu
b. Shaum
Ramadhan
c. Menutup
aurat
4.
Mempunyai akhalaq yang mulia, antara lain:
a.
Berbakti kepada kedua orang tua
b.
Hormat kepada ustadz dan ustadzah
c.
Hormat kepada yang lebih tua
d.
Menyayangi yang lebih muda
e.
Mencintai lingkungan
f.
Mencintai ilmu
g.
Disiplin waktu
5.
Mampu membaca dan menulis huruf Al Qura'n
6.
Mampu berbicara dengan bahasa Arab, Jawa dan Inggris dalam situasi tertentu
7.
Mampu membaca dan memahami teks berbahasa Arab dan Inggris (dalam keilmuan
tertentu)
8.
Mampu berpidato dalam bahasa Indonesia, Arab, jawa, dan Inggris
9.
Mempunyai kemampuan yang baik dalam bidang studi (matematika, sains, IPS
dll) sehingga siap berkompetisi untuk memasuki sekolah yang bermutu di jenjang
selanjutnya.
c.
Strukrur Kurikulum
STRUKTUR KURIKULUM SDIT LUQMAN AL HAKIM
SURAKARTA
TAHUN AJARAN 2013/2014
|
|||||||
A. STRUKTUR MATERI KURIKULUM DIKNAS
|
|||||||
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
|
||||||
I*)
|
II*
|
III*
|
IV*)
|
V*
|
VI*
|
||
KURIKULUM DIKNAS
|
|||||||
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
PPKN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
7
|
5
|
6
|
6
|
6
|
4
|
4
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
5
|
IPA
|
2
|
2
|
4
|
4
|
6
|
|
6
|
IPS
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
7
|
Seni
Budaya dan Prakarya
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9
|
MULOK
|
||||||
a. TIK
|
2
|
2
|
-
|
2
|
2
|
||
b.
Bahasa Jawa
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
c.
Bahasa Inggris
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
KURIKULUM HIDAYATULLAH
|
|||||||
1
|
Al Qur'an
|
||||||
a. Qiroah
|
4
|
4
|
4
|
2
|
|||
b. Tahfidz
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
c. Tarjamah
|
2
|
2
|
|||||
2
|
Tuntunan Ibadah Praktis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
3
|
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
JUMLAH JAM PER-MINGGU
|
34
|
36
|
42
|
42
|
42
|
42
|
*)Ket.
Kelas I dan IV kurikulum diknas 2013, * Kelas II, III,V dan VI Kurikulum KTSP
Seluruh
mapel dalam struktur kurikulum terintegrasikan atau tidak boleh bertentangan
dengan kurikulum integral bebasis tauhid pesantren hidayatullah.
*
)Diskripsi Jadwal Belajar Reguler/Harian
*)
Keterangan :
1. Siswa Kelas
I Jam ke-8 dan Ke-9 digunakan untuk Istirahat/Tidur Siang
2. Pada setiap
hari Jum’at Siswa Kelas I-VI
pulang jam 13.35 WIB atau pembelajaran sampai jam ke-6 para guru melaksanakan
kegiatan KKG dan Supervisi.
d.
Materi Pengembangan
Ektrakurikuler
NO
|
MATERI
PENGEMBANGAN
|
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER-MINGGU
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
*
Kepanduan Hidayatullah
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
**Qiroatul
Qur’an/& Tahsin
|
2
|
2
|
2
|
|||
3
|
*)Bela
Diri
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
4
|
*)Jurnalistik/Menulis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Dai
Cilik
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6
|
Mapel
Umum
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Keterangan :
*Kepanduan Hidayatullah Wajib
diikuti Siswa-Siswi Kelas IV, V dan VI
**Qiroatul Qur’an/Tahsin Wajib
diikuti kelas I, II dan III
*)
Bela Diri dan Jurnalistik/Menulis adalah materi Pilihan dan bisa diikuti mulai
dari kelas I-VI
*)
Jadwal Alokasi Kegiatan Materi Pengembangan atau Ekstrakurikuler
JAM
|
HARI SABTU
|
Kelas I-III
|
Kelas IV-VI
|
08.00-09.30 WIB
|
Jam ke- 1-2
|
Qiroatul Qur’an/Tahsin
|
Kepanduan Hidayatullah
|
09.30-09.45 WIB
|
ISTIRAHAT
|
-
|
-
|
09.45-11.15 WIB
|
Jam Ke 2
|
Pilihan
|
Pilihan
|
11.15 WIB
|
PULANG
|
-
|
-
|
e.
Kaldik Tahun
Ajaran 2013/2014
NO
|
TANGGAL,
BULAN DAN TAHUN
|
URAIAN
KEGIATAN
|
1
|
15-17 Juli 2013
|
Hari-hari pertama
masuk sekolah
|
2
|
Tanggal 1 s.d
7Agustus 2013
|
Libur sebelum
Idul Fitri 1434 H
|
3
|
Tanggal 8,9
Agustus 2013
|
Libur Idul Fitri 1434 H
|
4
|
Tanggal 10-16
Agustus 2013
|
Libur Setelah idul Fitri
|
5
|
Tanggal 17 Agustus
2013
|
Hari Kemerdekaan RI
|
6
|
Tanggal 30
September-11 Oktober 2013
|
Ulangan Tengah
Semester I
|
7
|
Tanggal 14-15 Oktober
2013
|
Libur Idul Adha 1434
H
|
8
|
Tanggal 16-17 Oktober
2013
|
Kegiatan Jeda
Semester I
|
9
|
Tanggal 5 November
2013
|
Libur Tahun Baru
Hijriyyah
|
10
|
Tanggal 2-13 Desember
2013
|
Ulangan Akhir Semester I
|
11
|
Tanggal 16-17
Desember 2013
|
Remidi
|
12
|
Tanggal 21 Desember
2013
|
Pengambilan Raport
Semester I
|
13
|
Tanggal 23
Desember2013-4 Januari 2014
|
Libur Semester I
|
14
|
Tanggal 14 januari 2014
|
Libur Maulid Nabi
Muhammad SAW
|
15
|
Tanggal 10-21 Maret
2014
|
Ulangan Tengah
Semester II
|
16
|
Tanggal 7-12 April
2014
|
Ujian Sekolah
|
17
|
Tanggal 5-7 Mei 2014
|
Perkiraan Ujian Akhir
|
18
|
Tanggal 12-14 Mei
2014
|
Ujian Akhir Susulan
|
19
|
Tanggal 27 Mei 2014
|
Isro’ Mikroj Nabi
Muhammad SAW
|
20
|
Tanggal 2-4 Juni 2014
|
Tes Kemampuan Dasar
Kelas III
|
21
|
Tanggal 5-14 Juni
2014
|
Ulangan Kenaikan
Kelas Semester II
|
22
|
Tanggal 18-19 Juni
2014
|
Rihlah Akhir Tahun
|
23
|
Tanggal 21Juni 2014
|
Akhirussanah
|
24
|
Tanggal 21 Juni-13 Juli 2014
|
Libur Semester II
|
25
|
Tanggal
14 Juli 2014
|
Awal Tahun Pelajaran
2014/2015
|
f.
KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah tingkat
pencapaian standar
kompetensi dari kompetensi dasar
mata pelajaran
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU
|
||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
KURIKULUM DIKNAS
|
|||||||
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
2
|
PPKN
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
4
|
Matematika
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
5
|
IPA
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
6
|
IPS
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
7
|
Seni Budaya dan Prakarya
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
8
|
MULOK
|
||||||
b. Bahasa Jawa
|
68
|
68
|
68
|
68
|
68
|
68
|
|
c. TIK
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||
c. Bahasa Inggris
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
9
|
Pendidikan Jasmani dan
Kesehatan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
KURIKULUM HIDAYATULLAH
|
|||||||
1
|
Al Qur'an
|
78
|
78
|
78
|
80
|
80
|
80
|
a. Qiroah
|
|||||||
b. Tahfidz
|
|||||||
c. Tarjamah
|
|||||||
2
|
Tuntunan Ibadah
Praktis
|
75
|
75
|
75
|
75
|
-
|
-
|
3
|
Bahasa Arab
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
4
|
Hadits
|
80
|
80
|
80
|
80
|
80
|
80
|
g.
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran sebagai
bagian dari komponen kurikulum berfungsi untuk menjabarkan proses penyampaian
pesan/materi/isi pembelajaran oleh guru sebagai pendidik kepada murid sebagai
peserta didik, yang berisikan metode-metode dan pendekatan pembelajaran.
1.
Metode-metode pembelajaran
§
metode iqro’
§
metode hiwar/percakapan
§
metode ‘ibroh dan mau’idhoh
§
metode keteladanan
§
metode pembiasaan
§
metode siroh/ kisah qur’ani nabawi
§
metode Amtsal/perumpamaan
2.
Pendekatan-pendekatan
§
pendekatan pengalaman/praktis
§
pendekatan psikologis baik persuasive dan motivative
§
pendekatan pembiasaan
§
pendekatan rasional
§
pendekatan emosi
§
pendekatan fungsional
h.
Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar
Penilaian
pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan untuk menentukan pencapaian
hasil belajar peserta didik.
Penilaian
adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian
hasil belajar peserta didik.
Penilaian
hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menggunakan berbagai
teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai pada setiap
jenjang
Adapun Jenis-jenis Penilaian tersebut antara
lain :
- Ulangan Harian /Tes Formatif adalah kegiatan Evaluasi yang dilakukan secara periodic mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD)atau lebih
- Ulangan Tengah Semester/TesSub Sumatif adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
- Ulangan Akhir Semester/Tes Sumatif adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester gasal. Cakupan ulangan meliputi indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
- Ulangan Kenaikan Kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik diakhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan.
Selain
Penilaian-penilaian yang pokok dalam Evaluasi Belajar tersebut di atas, penilaian proses dan
penilaian praktik dan lisan di terapkan dalam mendukung tes kompetensi yang
dimiliki peserta didik, sebagai bahan analisis dan pengembangan kurikulum dan
pengeloalaan belahjar peserta didik.
- Penilaian Tugas/proyek
- Penilaian Portofolio
- Penilaian Praktik
- Penilaian Lisan/Hafalan
III.
PENERAPAN PENDIDIKAN DINIYYAH
a.
Aspek Ibadah
1.
pelaksanaan ibadah siswa dilaksanakan secara
berjamaah di masjid
2.
bacaan ibadah sholat sesuai buku panduan sholat
standar sekolah
3.
waktu pelaksanaan sholat siswa putra dimulai jam
12.30
b.
Aspek Keilmuan Islam
1.
membiasakan budaya keilmuan Islam, dalam proses
pembelajaran
2.
menjadikan al Qur’an dan al hadits sebagai rujukan
primer
3.
meneladani metode atau manhaj ulama’ dalam
memperoleh ilmu
4.
Istiqomah mengamalkan ilmu
c.
Aspek Akhlak dan Adab Guru dan Siswa
1.
adab belajar-mengajar
§
meluruskan niat, ikhlas untuk mencapai ridho Allah
§
bersungguh-sungguh
§
mencintai ilmu, murid dan guru
§
murojaah/berlatih dengan mengulang-ulang pelajaran
§
mengamalkan ilmu
§
berdo’a kepada Allah untuk dimudahkan
2.
adab ketika di masjid
§
berwudhu/dalam keadaan suci sebelum masuk masjid
§
melangkah mendahulukan kaki kanan ketika masuk
masjid
§
membaca do’a
§
sholat sunah tahiyatul masjid/2 rokaat sebelum duduk
§
duduk dalam kondisi tenang, berdzikir menghadap
kiblat
§
mengikuti sholat berjamaah secara khusuk
§
dzikir dan do’a setelah sholat
§
keluar masjid dengan tertib
3.
adab makan dan minum
§
membaca “Bismillah”sebelum makan dan minum
§
makan/minum dengan tangan kanan
§
makan/minum tidak sambil berdiri, berjalan dan
berbicara
§
tidak mencela makanan/minuman
§
membaca “bismillahi awwaluhu wa akhiruhu” ketika
lupa membaca “bismillah”
§
tidak berlebihan dalam makan dan minum
§
tidak menyisakan makanan atau minuman
§
membaca hamdalah setelah selesai makan
4.
adab terhadap tamu
§
menyambut dengan mengucapkan salam, senyum dan
sapaan yang baik
§
menawarkan bantuan
§
mengantarkan sampai tamu duduk/mempersilahkan tamu
duduk dan menyampaikan tujuannya
§
memberikan pelayanan terbaik
§
memberikan kenyamanan
§
mengantar/melepaskan sampai tamu, sampai
meninggalkan sekolah
5.
adab berteman
§
saling menjaga hak-hak
§
saling menutupi kekurangan
§
saling mendo’akan kebaikan
§
saling memberi hadiah
§
saling nasehat-menasehati
§
bertemu dan berpisah karena Allah
d.
Agenda Kegiatan PPD
1.
Penyaluran Daging Qurban
2.
Gerakan Infaq Guru dan Murid
3.
Forum Silaturahim Asaatidz
4.
Gerakan cinta Qur’an
IV.
KESISWAAN
a.
Profile Peserta Didik SDIT Luqman al Hakim
b.
Tata Tertib Sekolah
1.
Peserta didik datang ke sekolah sebelum bel masuk
pukul 7.10
2.
Semua peserta didik wajib mengenakan seragam sekolah
lengkap sesusai jadwal yaitu :
a.
Senin dan Kamis :
Merah Putih
b.
Selasa dan Jum’at :
Coklat
c.
Rabu :
Biru
3.
Sebelum masuk kelas semua peserta didik wajib
mengikuti apel pagi di halaman sekolah
4.
Sebelum pelajaran di mulai semua peserta didik wajib
menghafal surat pendek, doa-doa Sholat dan hadist
5.
Waktu istirahat semua peserta didik berada di halaman sekolah, jika keluar
sekolah harus meminta ijin kepada ustadz / ustadzah.
6.
Jika azan dzuhur
berkumandang, semua peserta didik untuk bersiap-siap dan bergilir
menjalankan sholat dzuhur berjama’ah sesuai jadwal yang berlaku.
7.
Setiap hari Jum’at di adakan pemeriksaan kukudan
rambut bagi laki-laki.
8.
Jika bel pulang berbunyi semua peserta didik
bersiap-siap untuk pulang, berdoa’a dengan tertib dan teratur.
9.
Sebelum meninggalkan kelas regu piket terlebih
dahulumembersihkan kelasnya masing-masing.
10.
Jika menemukan barang / uang serta ada perkelahian
antar peserta didik yang mengetahui segera melaporkan kepada wali kelas atau
guru kelas.
11.
Semua peserta didik dilarang membawa HP (hand phone) di sekolah, jika ada
keperluan dapat menggunakan telephone sekolah.
c.
Jenis Pelanggaran dan Sanksi
TATA
TERTIB PESERTA DIDIK SDIT LUQMAN AL HAKIM SURAKARTA
A. TATA TERTIB
UMUM
1.
Peserta didik diwajibkan memenuhi syari’at Islam
2.
Peserta didik diwajibkan mematuhi semua peraturan
sekolah
3.
Peserta didik diwajibkan mematuhi dan
menghormati kepala sekolah, guru maupun
karyawan sekolah.
4.
Peserta didik diwajibkan menghargai sesama peserta
didik.
5.
Peserta didik diwajibkan menjaga ketertiban dan
kebersihan di dalam lingkungan sekolah.
6.
Peserta didik diwajibkan menjaga semua fasilitas
sekolah dan lingkungan sekitar sekolah.
7.
Peserta didik diwajibkan menjaga tutur kata dan
tingkah laku yang baik di dalam maupun di luar sekolah.
8.
Peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan khusus yang
telah ditentukan pihak sekolah.
9.
Peserta didik dilarang tidak mengikuti ataupun
meninggalkan KBM kecuali tugas dari guru atau sakit, dan olehnya diwajibkan
melakukan perijinan pada hari itu juga. (boleh SMS ataupun surat ijin)
B.
TATA TERTIB KEISLAMAN
1.
Peserta didik diwajibkan mematuhi dan menegakkan
Syari’at Islam
2.
Peserta didik diwajibkan mengikuti sholat dzuhur dan
sholat ashar berjama’ah di masjid sekolah
3.
Peserta didik diwajibkan menggunakan pakaian yang
menutupi aurat
4.
Peserta didik dilarang melanggar Syari’at Islam.
5. Peserta
didik dilarang berpenampilan yang tidak Islami (rambut, busana dan aksesoris).
C.
TATA TERTIB BUSANA
1.
Semua peserta didik wajib mengenakan seragam sekolah
lengkap sesusai jadwal yaitu :
a.
Senin dan Kamis :
Merah Putih
b.
Selasa dan Jum’at :
Coklat
c.
Rabu :
Biru
Peserta didik diwajibkan
berpakaian rapi.
2.
Peserta didik Putra diwajibkan tidak berambut
gondrong, rapid an tidak diwarnai.
3.
Peserta didik diwajibkan mengenakan kaos kaki
panjang di atas mata kaki.
4.
Peserta didik diwajibkan menggunakan sepatu saat
datang ataupun pulang sekolah.
D. TATA TERTIB
KELAS
1.
Peserta didik diwajibkan mengikuti KBM sekolah
dengan tertib dari hari Senin hingga hari Jum’at sesuai jadwal yang telah
ditentukan pihak sekolah, masuk jam 07.15 – 13.30
2.
Peserta didik diwajibkan menjaga ketertiban KBM
dengan memulai dan mengakhirinya dengan membaca do’a yang dipimpin oleh ketua
kelas.
3.
Peserta didik diwajibkan datang tepat waktu, dan
apabila terlambat wajib lapor terlebih dahulu kepada guru piket seblum masuk
kelas.
4.
Peserta didik diwajibkan mengikuti semua mata
pelajaran dengan tertib.
5. Peserta
didik diwajibkan menuntaskan semua tugas dari guru mata pelajaran.
6. Peserta didik kelas…….. diwajibkan mengikuti semua kegiatan
ekstrakurikuler yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.
7. Peserta didik
dilarang meninggalkan ruang kelas selama KBM tanpa ijin guru piket, guru yang
mengajar dan diketahui oleh pimpinan sekolah.
8. Peserta
didik dilarang meninggalkan atau tidak mengikuti KBM kecuali :
a. Keperluan
keluarga yang mendesak.
b. Sakit,
dengan harus menyertakan surat ijin dokter dan surat ijin yang dibuat oleh
orang tua / wali yang bersangkutan pada hari itu juga, dan kepadanya wajib
mengikuti dan memenuhi tugas pengganti dari guru mata pelajaran yang
bersangkutan apabila diperlukan.
E.
TATA TERTIB APEL PAGI
1.
Peserta didik diwajibkan mengikuti semua apel yang
telah ditentukan oleh sekolah dengan tertib.
2.
Peserta didik diwajibkan menggunakan pakaian seragam
yang telah ditentukan saat mengikuti kegiatan apel.
3.
Peserta didik diwajibkan menjaga ketertiban dan ketenangan
saat mengikuti apel.
4.
Petugas apel diwajibkan :
a.
Datang lebih awal untuk mempersiapkan perlengkapan
dan peralatan apel.
b.
Berpakaian rapi dan berseragam sesuai dengan
ketentuan.
c. Menjalankan
tugas yang diberikan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab.
F.
TATA TERTIB ADMINISTRASI KEUANGAN
1.
Peserta didik diwajibkan melunasi semua administrasi
sekolah guna berjalannya KBM sekolah dengan lancar.
2.
Peserta didik diwajibkan membayar infaq pendidikan
dengan ketentuan sekolah tepat waktu.
3.
Peserta didik diwajibkan melunasi semua pembayaran
sebelum dan sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian.
4.
Peserta didik di wajibkan berinfak setiap hari
jum’at secara suka rela
G. KLASIFIKASI
PELANGGARAN TATA TERTIB
Klasifikasi
A (Pelanggaran Ringan)
No.
|
JENIS PELANGGARAN
|
BENTUK SANKSI
|
1.
|
Tidak
menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan
|
Di
catat sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi yang ditentukan sekolah. Satu
kali pelanggaran ditulis 1A, pelanggaran 10 kali klasifikasi A (10A) menjadi Klasifikasi 1B
|
2.
|
Tidak
menggunakan atribut secara lengkap
|
|
3.
|
Terlambat
datang ke sekolah sesuai jam yang ditentukan
|
|
4.
|
Duduk
di atas meja
|
|
5.
|
Membuang
sampah sembarangan
|
Klasifikasi
B (Pelanggaran Sedang)
No.
|
JENIS PELANGGARAN
|
BENTUK SANKSI
|
1.
|
Berambut
panjang / gondrong
|
Di
catat sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi yang ditentukan sekolah. Satu
kali pelanggaran ditulis 1B, pelanggaran 10 kali klasifikasi B (10B) akan menjadi pelanggaran Klasifikasi 1C
|
2.
|
Berkuku
panjang
|
|
3.
|
Membawa
HP (Handphone)
|
|
4.
|
Membawa
benda atau hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan KBM
|
|
5.
|
Membuat
surat ijin palsu
|
|
6.
|
Meninggalkan
kelas atau KBM tanpa ijin
|
|
7.
|
Meninggalkan
kegiatan ekstrakurikuler dan apel tanpa ijin
|
|
8.
|
Berada
di luar kelas ataupun lingkungan pada saat KBM berlangsung tanpa ijin.
|
|
9.
|
Makan
atau minum saat pelajaran berlangsung
|
|
10.
|
Berbicara
kotor
|
|
11.
|
Berbicara
bohong atau fitnah
|
|
12.
|
Memindahkan
tanpa ijin sarana dan prasarana sekolah
|
|
13.
|
Merusak
sarana prasarana sekolah
|
|
14.
|
Tidak
menyelesaikan tugas dari sekolah tepat waktu
|
Klasifikasi
C (Pelanggaran Berat)
No.
|
JENIS PELANGGARAN
|
BENTUK SANKSI
|
1.
|
Mencuri
|
Di
catat sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi yang ditentukan sekolah. Satu
kali pelanggaran ditulis 1C, pelanggaran 10 kali klasifikasi C (10C) menjadi Klasifikasi 1D
|
2.
|
Berkelahi
/ main hakim sendiri.
|
|
3.
|
Pemalsuan
dan penipuan
|
|
4.
|
Melakukan
perbuatan Syirik
|
|
5.
|
Meninggalkan
sholat fardhu dan puasa wajib
|
|
6.
|
Tidak
menjalankan amanah
|
Klasifikasi
D (Pelanggaran Sangat Berat)
No.
|
JENIS PELANGGARAN
|
BENTUK SANKSI
|
1.
|
Murtad
|
Di
catat sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi yang ditentukan sekolah. Satu
kali pelanggaran ditulis 1D, pelanggaran 10 kali klasifikasi D (10D) di keluarkan dari sekolah.
|
2.
|
Kriminalitas
|
|
3.
|
Pelanggaran
seks
|
|
4.
|
Berurusan
dengan pihak berwajib
|
|
5.
|
Melecehkan
atau menghina sekolah, Yayasan, Pimpinan sekolah, Guru dan Karyawan baik
berupa fisik ataupun verbal
|
AGENDA KEGIATAN KESIWAAN
1.
Penerimaan Peserta didik Baru
2.
Open House
3.
Upacara Bendera
4.
MOS
5.
Training Parentin
6.
Outing Class ( kunjungan ke intansi dan rihlah akhir
tahun )
7.
Pendampingan peserta didik istirahat
8.
Pendampingan makan
9.
Menyambut kedatangan peserta didik
10.
Bimbingan Konseling
11.
Home Visit
12.
Pembinaan Peserta didik Berprestasi
13.
Class Metting dan Pameran Buku
14.
Lomba Antar Peserta didik TK, Basar
15.
Akhirussanah dan Pemeran Hasil Karya Peserta didik
SDIT LH
BUDAYA MALU DI SEKOLAHKU
1.
Aku malu tidak datang tepat waktu di sekolah
2.
Aku malu tidak sholat dhuha di sekolah
3.
Aku malu tidak baca Al qur’an di sekolah
4.
Aku malu tidak ramah dan sopan di sekolah
5.
Aku malu tidak hidup bersih di sekolah
6.
Aku malu tidak hidup hemat di sekolah
7.
Aku malu tidak berkata jujur di sekolah
8.
Aku malu tidak hormat pada guru di sekolah
9.
Aku malu tidak sayang teman di sekolah
10.
Aku malu tidak sholat berjamaah duhur dan ashar di sekolah
KEDISIPLINAN YANG HARUS DI TAATI
DI SEKOLAH
1.
Disiplin kehadiran dan kepulangan
2.
Disiplin belajar dan mengajar
3.
Disiplin tugas dan tanggung jawab
4.
Disiplan kebersihan dan keindahan
5.
Disiplin keuangan dan belanja
6.
Disiplin menyimpan dan mengembalikan
7.
Disiplin bersahabat dan bergaul
8.
Disiplin kepekaan dan kepedulian
9.
Disiplin berbuat dan berkarya
10.
Disiplin administrasi dan laporan
RUMUS 3M
MULAI
DARI DIRI SENDIRI
MULAI
DARI YANG KECIL
MULAI
DARI SAAT INI
RUMUS 3S
SEMANGAT
BERSAUDARA
SEMANGAT
SOLUSI
SEMANGAT
SUKSES
RUMUS 4S
SENYUM
SALAM
SOPAN
SAPA
RUMUS 7 T
TENANG
TERENCANA
TERAMPIL
TERTIB
TEKUN
TEGAR
TAWADHU
V.
ADMINISTRASI
a. Keuangan
Pembayaran
siswa dilayanai setiap hari Senin-Jum’at dari Jam 07.00 – 14.45 WIB, (hari
Sabtu Libur, Jam 11.45-13.00 Istirahat Siang) di BMT Amaal
b.
Daftar Siswa
c.
Dewan Asaatidz
Tidak ada komentar:
Posting Komentar